Cara-Mendidik-Anak-Lelaki

Cara Mendidik Anak Lelaki Agar Jadi Anak yang Cerdas dan Bertanggung Jawab

Author1 Digikidz News

Cara Mendidik Anak Lelaki yang baik harus dilakukan dengan mempertimbangkan aspek psikologis anak. Anak laki-laki dituntut untuk menguasai banyak hal, mulai dari kekuatan fisik hingga kecerdasan mental. Namun, aspek moral dan nilai-nilai keimanan juga harus menjadi elemen penting dalam membentuk anak yang bertanggung jawab dan peka terhadap keadaan di sekitarnya. Kali ini, kita akan membahas beberapa tips menarik yang bisa anda terapkan dalam mendidik si jagoan kecil agar tumbuh menjadi laki-laki hebat.

Luangkan Waktu Bersama Anak Anda

Ayah biasanya memiliki ikatan batin yang kuat dengan anak laki-lakinya. Selain menjadi orang tua yang baik, anda juga dituntut untuk menjadi sahabat anak anda, terutama saat ia mulai tumbuh dewasa. Meluangkan waktu bersama anak laki-laki anda untuk melakukan hobi atau sekedar berbincang-bincang dapat mempererat jalinan kasih antara ayah dan anak. Anak laki-laki seringkali diharapkan memiliki fisik yang lebih kuat daripada wanita, untuk itu, mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik dapat menjadi cara yang tepat dalam melatih kekuatan fisik anak anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berolahraga bersama, dan membantu pekerjaan rumah.

Berikan Tantangan untuk Anak Anda

Anak laki-laki diharapkan untuk tumbuh menjadi pria tangguh dan bertanggung jawab. Melatih tanggung jawab anak merupakan salah satu contoh cara mendidik anak lelaki dalam Islam yang bisa dilakukan sejak ia masih kecil. Tantangan mungkin menjadi salah satu cara yang efektif dalam melatih kemandirian dan tanggung jawab anak laki-laki. Sesekali, cobalah berikan kepercayaan pada si kecil untuk melakukan sesuatu, seperti menjaga adik, menyiram tanaman, mengantar makanan ke tetangga, dan lain sebagainya.

Jangan Bersikap Terlalu Keras Pada Anak Anda

Meski anak laki-laki dituntut untuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh, bukan berarti anda mesti menerapkan sistem pendidikan yang keras pada anak. Pada umumnya, anak laki-laki memiliki watak yang keras sehingga akan sangat sulit jika orang tua juga menerapkan prinsip pendidikan yang keras. Ingat bahwa anak laki-laki anda bukan musuh atau bawahan anda, perlakukan ia layaknya buah hati yang memerlukan bimbingan dan kasih sayang dari orang tua.

Sumber : http://madujuara.com